Inilah Hubungan Postur Tubuh dengan Sakit Kepala

Posted at May 15, 2015 by admin on category Sehat

sakit-kepala-1

Paundra.com – Rasa tegang dan kaku pada tengkuk dan bahu banyak dialami oleh orang-orang yang berada dalam posisi duduk dalam waktu lama, misalnya pada pekerja yang menghabiskan waktu lebih dari lima jam duduk di depan komputer. Duduk terlalu lama sering kali menyebabkan posisi duduk tak lagi diperhatikan dengan baik. Alih-alih duduk tegap, punggung malah cenderung jadi membungkuk.

Menjaga postur tubuh agar tetap ideal serta memperhatikan pergerakan area kepala dan leher dapat mencegah kekakuan atau rasa tegang pada otot leher, bahu, dan punggung bagian atas. Dengan demikian, sakit kepala – terutama tipe tension dan sakit kepala yang berhubungan dengan leher – dapat dicegah.

Terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi rentan memiliki postur tubuh yang kurang baik, yaitu tonus otot yang kurang kuat, obesitas, stres, kehamilan, dan penggunaan sepatu hak tinggi. Selain itu, duduk terlalu lama, membawa tas bahu atau tas punggung yang terlalu berat, serta menggendong anak terlalu lama juga dapat berkontribusi kepada ketegangan otot yang berujung kepada sakit kepala.

Gejala yang timbul dari tension type headache dan nyeri kepala yang berhubungan dengan leher dapat dibedakan. Pada tension type headache, nyeri dirasakan pada kedua sisi kepala dan/atau leher. Derajat nyeri tersebut biasanya ringan-sedang. Sebaliknya, pada sakit kepala yang berhubungan dengan leher, nyeri dirasakan hanya di satu sisi kepala dan/atau leher, dan umumnya memiliki derajat nyeri yang lebih berat. Hal ini disebabkan karena tension type headache berhubungan dengan masalah otot, sementara nyeri kepala-leher berhubungan dengan saraf – atau disebut juga dengan saraf terjepit.

Berikut adalah kiat-kiat untuk menjaga agar postur tubuh Anda tetap stabil dan ideal:

  • Jagalah agar tulang punggung tegak – tidak bungkuk, namun juga tidak terlalu maju ke depan.
  • Duduklah di kursi yang dapat menopang tulang belakang/punggung dengan baik.
  • Lakukan peregangan otot leher dan punggung atas setiap satu jam sekali.
  • Aturlah posisi layar monitor komputer agar sejajar dengan mata.
  • Jika Anda sering menggunakan telepon, akan lebih baik jika Anda menggunakan headset atau speakerphone. Jangan mengempit gagang telepon di antara telinga dan bahu.
  • Pastikan agar meja tempat bekerja berada di ketinggian yang nyaman, agar Anda tidak perlu terlalu sering membungkuk atau meraih terlalu tinggi.
  • Ketika mengangkat barang, usahakan agar punggung tidak membungkuk. Sebagai gantinya, tekuklah tungkai Anda.
  • Hindari melakukan olahraga yang memerlukan posisi membungkuk dalam waktu lama, misalnya bersepeda.


Related Posts to Inilah Hubungan Postur Tubuh dengan Sakit Kepala