Paula Modersohn-Becker Lukisan dengan Efek Emosional

Posted at February 8, 2018 by admin on category Berita


Paula Modersohn-Becker

Paula Modersohn-Becker. Foto: Google.com

Paundra.com, GOOGLE merayakan Hari Ulang Tahun Paula Modersohn-Becker hari ini. Pelukis ekspresionis terkenal yang berasal dari Jerman ini lahir tahun 1876. Karya-karyanya menjadi saksi keberaniannya, ketegasannya, dan ambisinya. Temperamen Modersohn-Becker justru memberi pengaruh positif sepanjang kariernya. Sehingga walau kariernya singkat, dia menghasilkan banyak karya.

Paula Modersohn-Becker mengecap dunia pendidikan sejak dia masih kecil. Dia tumbuh besar di Dresden-Friedrichstadt. Kemudian, dia memulai ikhtiar artistiknya sebagai mahasiswa di Breman, Jerman. Pada usia 18 tahun, Modersohn-Becker pindah ke Worpswede.

Di sana dia bertemu calon suaminya yang juga pelukis, Otto Modersohn. Mereka akhirnya menikah pada 1901. Namun, Paula Modersohn-Becker terus-menerus ingin belajar dan belajar lagi. Sehingga dia pun pindah ke Paris untuk belajar. Tak mau pergi sendiri mengejar kariernya, Modersohn-Becker membujuk sembari mendesak kekasih hatinya untuk ikut ke Paris.

Pada tahun-tahun berikutnya, kehidupan pribadi Modersohn-Becker mengalami banyak perubahan. Namun, gejolak hidupnya itu justru memicunya untuk terus melukis. Dia bahkan menghasilkan 80 lukisan hanya pada tahun 1906.

Masa hingar-bingar itu justru diperlukannya untuk terus berkarya. Keadaan itu membuatnya mampu melalui dua dekade pertama dalam hidupnya dengan tetap berkarya.

Mengekspresikan perasaan batin

Paula Modersohn-Becker pun bergabung dengan ekspresionis seperti Pablo Picasso dan Henri Matisse. Dia mengenalkan modernisme pada dunia. Modersohn-Becker sangat dikenal karena tegas menentukan pilihannya sebagai seniman.

Dia perempuan seniman pertama yang menggambarkan tokoh perempuan telanjang. Dia juga berani melukis perempuan yang menyusui anak-anak mereka. Modersohn-Becker gigih menolak pemikiran yang dianut perempuan pada masa itu. Alih-alih ikut dengan arus, dia justru terus mengeksplorasi. Modersohn-Becker lanjut melukis hal-hal bersifat tradisional yang sebenarnya memiliki nilai seni.

Google doodle hari ini mencerminkan gaya artistik Paula Modersohn-Becker dalam melukis. Google memuat lukisan-lukisan yang menggambarkan hal-hal sederhana atau sangat bersifat domestik. Namun, justru bernilai seni. Doodle ini diilustrasikan duo Golden Cosmos.

Pemilik nama asli Paula Becker ini pun meninggal 30 November 1907 setelah melahirkan anak tunggalnya. Tak heran jika Google merayakan Paula Modersohn-Becker. Dia pelukis yang lebih tertarik pada ekspresi perasaan batinnya daripada sekadar melukiskan realitas yang terlihat mata saja. Selamat ulang tahun Paula Modersohn-Becker!***




Related Posts to Paula Modersohn-Becker Lukisan dengan Efek Emosional