3 Mineral Penting dan Ajaib Untuk Tubuh Kita

3 Mineral Penting dan Ajaib Untuk Tubuh Kita - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

3 Mineral Penting dan Ajaib Untuk Tubuh Kita – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Paundra3 Mineral Penting dan Ajaib Untuk Tubuh Kita. Dari hari ke hari tekanan dalam kehidupan semakin bertambah, terutama faktor ekonomi saat ini. Tekanan ini terjadi terus-menerus dan menjadi penyebab stress yang berkepanjangan. Situasi dan kondisi seperti ini sangat rentan membuat Anda untuk terkena penyakit yang tentunya sangat merugikan dan tidak produktif.

3 Mineral Penting dan Ajaib Untuk Tubuh Kita

Dalam kondisi ini, tubuh kita perlu diberi asupan tiga mineral ajaib. Berikut ini adalah tiga mineral ajaib yang berperan penting dalam membantu mencegah tubuh Anda dari berbagai penyakit, seperti:

Kalsium

Kalsium secara luas telah diakui memiliki manfaat dalam tubuh Anda untuk membantu pertumbuhan dan juga menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. Selain itu, kalsium juga ternyata memiliki manfaat lain bagi tubuh yang tidak diketahui oleh banyak orang, seperti:

* Membantu perluasan otot dan pembuluh darah.
* Membantu pembekuan darah.
* Membantu sekresi hormon dan enzim.
* Sebagai pengirim pesan melalui sistem saraf.

Tubuh Anda tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Untuk mendapatkannya, Anda harus memasukkan kalsium ke dalam daftar diet dan makanan Anda. Pastikan Anda mengonsumsi cukup kalsium, jika asupan kalsium Anda tidak tercukupi, maka tubuh Anda mengambil cadangan kalsium dari tulang dan gigi. Seiring waktu, kekurangan kalsium membuat tulang Anda rapuh, keropos, mudah patah, dan bahkan Anda terancam kondisi serius yang dikenal sebagai osteoporosis.

Beberapa sumber kalsium yang umum meliputi produk susu, seperti susu, keju, dan yogurt, sayuran berdaun hijau, jenis ikan tertentu, termasuk salmon dan sarden, dan tahu. Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari jus atau susu kedelai yang telah diperkaya kalsium.

Magnesium

Magnesium sangat penting untuk kesehatan jantung Anda. Kebutuhan tubuh Anda untuk magnesium jauh lebih banyak daripada kalsium. Hebatnya, tubuh Anda menggunakan magnesium untuk lebih dari 300 reaksi biokimia! Mineral ajaib ini bermanfaat untuk:

* Membantu mengontrol kontraksi dan relaksasi otot jantung dan otot lainnya.
* Mempertahankan fungsi saraf normal, dan mengatur kadar gula darah.
* Membantu tubuh Anda memproduksi protein dan energi.
* Mempertahankan tulang yang kuat dan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan magnesium yang cukup adalah dengan memakan sayuran terutama yang berwarna hijau tua, seperti bayam. Sumber magnesium lainnya termasuk almond, kacang mete, dan kedelai.

Kalium

Seperti halnya kalsium dan magnesium, kalium telah terbukti dapat membantu melawan tekanan darah tinggi. Kalium diklasifikasikan sebagai elektrolit ketika sudah berada di dalam tubuh. Kalium membantu tubuh Anda melakukan proses metabolisme. Fungsi kalium antara lain:

* Membantu menciptakan protein dan memecah karbohidrat dalam tubuh Anda.
* Untuk pembangunan dan pertumbuhan otot tubuh yang tepat.
* Membantu mengatur keasaman darah Anda.
* Berperan penting dengan fungsi yang tepat bagi setiap jaringan, sel tunggal, dan organ di seluruh tubuh Anda.

Jadi, sangatlah penting untuk memastikan bahwa asupan kalium dari makanan Anda sudah ideal. Kalium dapat ditemukan dari hampir semua jenis daging, ayam, dan beberapa jenis ikan seperti salmon, cod, dan sarden.

Bagi Anda yang vegetarian, sayuran juga merupakan sumber kalium yang baik termasuk brokoli, kacang polong, tomat, kentang, ubi jalar, dan kedelai.

Beberapa buah-buahan juga mengandung kalium, antara lain: jeruk, melon, pisang, kiwi, plum, dan aprikot.

Mineral merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk memastikan tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pastikan Anda senantiasa memasok mineral-mineral penting tersebut dalam diet sehari-hari, terutama tiga mineral esensial di atas.

Penulis: Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *