Putusan banding Manchester City bakal diumumkan Juli 2020

[ad_1]

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) akan mengumumkan hasil banding yang diajukan klub Liga Inggris, Manchester City, pada Juli 2020. 

CAS bersama Manchester City dan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah menjalani rapat dengar pendapat selama tiga hari lewat konferensi video yang berakhir pada Rabu (10/6). 

Sebelumnya, Manchester City dijatuhi hukuman oleh UEFA pada 14 Februari 2020. Kala itu, UEFA melarang City tampil di kompetisi antar klub Eropa selama dua musim, yakni musim 2020/2021 dan 2021/2022. 

Baca Juga: Sidang banding larangan bertanding Manchester City di Eropa dimulai hari ini

Hal itu dilakukan, setelah the citizens ditetapkan bersalah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). City terbukti melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP) dengan cara menggelembungkan pemasukan sponsor pada periode 2012 hingga 2016. 

Klub asal kota Manchester tersebut juga didenda € 30 juta atau sekitar Rp 477 miliar. City pun membantah putusan UEFA dengan mengajukan banding ke CAS. 

“Pada akhir dengar pendapat, kedua pihak menyatakan kepuasan mereka sehubungan dengan prosedur yang telah dijalankan,” bunyi pernyataan CAS, seperti dikutip dari Sky Sports. 

“Panel yang bertanggung jawab atas masalah ini akan memulai musyawarahnya dan mempersiapkan Arbitral Award berisi keputusan mereka. Keputusan akan disampaikan pada paruh pertama bulan Juli 2020. Tanggal pastinya akan disampaikan,” demikian pernyataan resmi CAS. 

Adapun Pep Guardiola telah menyatakan kesetiaannya terhadap klub berjulukan the sky blues ini terlepas dari hukuman yang diterima City. 

“Dengar, di mana pun City bermain, saya akan tetap bertahan di sini. Bahkan, jika City harus terdegradasi ke divisi tiga Liga Inggris, saya masih akan bertahan. Dalam kondisi ini, kami tidak boleh terpecah,” kata Guardiola. 

Baca Juga: Manajer Stoke City positif corona, Manchester United batal lakukan uji tanding

Sementara itu, jika banding City ditolak, jatah pasukan Pep Guardiola untuk Liga Champions musim depan akan diberikan kepada klub yang menempati peringkat kelima klasemen akhir Liga Inggris. 

Dengan demikian, rival sekota City, Manchester United, bakal mendapat keuntungan tersebut. Pasalnya, kini klub berjulukan Red Devils tersebut menempati posisi kelima di klasemen sementara Liga Inggris. (Farahdilla Puspa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Putusan Banding Man City terhadap Hukuman UEFA Akan Diumumkan Juli 2020”.

Editor: Anna Suci Perwitasari

[ad_2]

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *